PETUALANGAN Kelas 3

Studi visual kelas 3 yang ke-3 kali ini bertemakan CINTA AL-QUR’AN. Studi visual dilaksanakan pada hari Kamis 21 April 2011 pukul 07.00-13.30 WIB di area SDIT INSAN PERMATA Malang.

Tema Al-Qur’an sebagai tema utama yang diangkat pada studi visual kali ini bertujuan agar ananda siswa kelas 3 SDIT INSAN PERMATA lebih dekat lagi dengan Al-Qur’an dan mengetahui bahwa dalam segala lini kehidupan kita tidak akan pernah lepas dari Al-Qur’an dibuktikan dengan hewan, tumbuhan dan semua yang ada di alam ini telah Allah atur sistem kehidupannya di dalam Al-Qur’an sehingga pada akhirnya ananda dapat mencintai Al-Qur’an serta lebih semangat lagi dalam menghafal Al-Qur’an.

Dalam studi visual ini Kompetensi Dasar yang diambil adalah integrasi dari mata pelajaran Al-Qur’an,PAI, IPA, Matematika dan Penjas. Dalam pelajaran PAI, KD yang diambil adalah menampilkan perilaku setia kawan, oleh karena itu konsep studi visual yang ke-3 ini adalah dalam bentuk petualangan berkelompok. Petualangan dilakukan dengan melewati 6 pos sebagai tantangannya. Pos 1 (lebih dekat dengan Al Qur’an) bertempat di masjid Ad-Dakwah, pos 2(tafakur alam) di rumah ustadzah Fina, pos 3 (muroja’ah) di sebelah selatan rumah ustadzah Fina, pos 4 (sayangi tanaman hijaukan sekolahku) kembali ke sekolah yaitu di depan perpustakaan sekolah, pos 5(mengenal dunia hewan) naik ke lantai 3 yaitu di kelas 3 Nabi Ismail, dan pos 6(cooking ice) berada di kelas 3 Nabi Ishaq.

Tantangan pada pos 1 adalah menyusun dan menulis kembali dari surat dalam Al-Qur’an yang telah diacak terlebih dahulu, surat yang dipilih adalah surat pada juz 30 yang telah ananda hafal di kelas sebelumnya. Setelah itu beranjak ke pos 2 yaitu pos TAFAKUR yang bertempat di rumah ustadzah Fina (sebelah selatan SDIT INSAN PERMATA), disini ananda diberi tantangan untuk menyusun puzzle gambar-gambar kenampakan bumi, sesuai dengan KD pada pelajaran IPA yaitu mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar. Setelah mereka berhasil menyusun puzzle, ananda diminta menyebutkan gambar apa yang telah mereka susun dan kemudian mencari ayat yang berhubungan dengan gambar tersebut di Al-Qur’an pada surat-surat dalam juz 30 yang telah mereka hafal sebagai upaya berlatih tadabbur Qur’an. Di pos 2 ini, selain ananda belajar tentang kenampakan alam, ananda juga belajar tentang adab-adab bertamu dan masuk rumah.

Di pos 3 adalah pos muraja’ah, ananda diminta melanjutkan potongan- potongan ayat juz 30 dari surat An-Naba’ hingga Al-A’la yang dibacakan oleh ustadzah,hal ini bertujuan untuk memuraja’ah kembali surat-surat yang telah ananda hafal mulai kelas 1 sampai kelas 3 sehingga hafalan ananda tetap terjaga dan dapat mengukur dan mempersiapkan diri untuk ujian hafalan di akhir semester 2. Setelah berjalan keluar sekolah, ananda kembali lagi ke sekolah menuju pos 4 yang terletak di depan perpustakaan dan sepanjang halaman sekolah, disini setiap kelompok diberi tanaman untuk ditanam di halaman sekolah, program penanaman ini bertujuan untuk menghijaukan sekolah,hal ini sesuai dengan Kompetensi Dasar dari pelajaran PAI dan Penjas yaitu menampilkan perilaku  penyayang terhadap lingkungan dan pemanfaatan lingkungan sekitar. Diharapkan dengan begitu, ananda dapat merawat tanaman yang mereka tanam dengan baik, menyirami dan merawatnya setiap hari hingga tanaman tersebut tumbuh besar dan berbuah, tanaman yang ditanam bermacam-macam, antara lain: jambu, mangga, belimbing, dan lain-lain.

Setelah berjalan-jalan dan berkebun, ananda menuju ke pos selanjutnya yaitu pos 5, disini ananda menonton sebuah film tentang keajaiban hewan (perilaku ikan salmon) dan menjawab beberapa studi kasus tentang perilaku menyayangi hewan, diharapkan setelah menonton film ini ananda dapat lebih menghargai hewan, sebagaimana tercantum dalam KD PAI yaitu menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan.

Di pos terakhir yaitu pos 6, disini ananda menerapkan budaya hidup sehat sebagaimana terdapat dalam KD Penjas yaitu penerapan budaya hidup sehat, yang ananda lakukan adalah meracik es buah dengan bahan-bahan/buah-buahan, sirup dan nata de coco yang sudah ustadzah siapkan, diharapkan dengan begitu ananda lebih menyukai buah untuk penyajian yang berbeda dan lebih sering lagi mengkonsumsi buah sehingga tubuh mendapat asupan vitamin yang memadai. Selain membuat es buah untuk diri sendiri, ananda juga diminta untuk meracik es buah untuk diberikan kepada ustadz/ustadzah di sekolah sebagai hadiah atau persembahan terindah yang mereka buat dengan kartu buatan sendiri yang didalamnya berhiaskan bangun-bangun datar yang digambarkan (KD MAT: mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya). Pada setiap pos ananda diminta memberikan password yaitu hafalan asmaul husna dengan metode menghafal yang memudahkan mereka menghafal dalam waktu singkat (sudah diajarkan sebelum mereka berangkat berpetualang). Studi visual  berakhir dengan pembagian doorprice yang membuat ananda semakin bersemangat untuk melanjutkan studi visual berikutnya. Nantikan petualangan berikutnya…….

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*