Pelatihan P3K (Bantuan Hidup Dasar)

Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif, FKUB-RSSA berkesempatan hadir dan memberi bimbingan kepada guru dan karyawan Yayasan Insan Permata Malang. Kali ini hadir untuk memberi ilmu seputar bantuan hidup dasar. Apa sih Bantuan hidup dasar? Sebuah ilmu yang dapat dipakai saat kondisi darurat, dimana terdapat seorang yang mengalami bencana, seperti pingsan, syok, terkejut dan tidak sadardiri, kecelakaan, dan sejenisnya.

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar ini merupakan program pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya – Rumah Sakit Saiful Anwar yang mendatangkan 34 dokter untuk melatih 180an guru karyawan YIPM. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan sambutan oleh Manajer Administrasi Yayasan Insan Permata Malang, Bapak Yoshi Kurniawan, S.Si., M.Pd., dilanjutkan sambutan oleh Kepala Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FKUB-RSSA, dr. Isngadi, M.Kes., Sp.An-TI., Subsp.An.O (K).

    Sabtu, 14 September 2024, saat kegiatan dilaksanakan, diawali dengan pemberian materi kegawatdaruratan sehari hari oleh KPS Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif FKUB Dr. dr. Aswoco Andyk Asmoro., Sp.An-TI., FIPM. Setelah materi kemudian disimulasikan Materi RJP (Resusitasi Jantung Paru) oleh dr. Taufiq Agussiswagama, Sp.An-TI, KMN. Simulasi ini dijelaskan kembali dan di praktekkan oleh semua peserta yang dibagi menjadi 17 kelompok menggunakan manekin sebagai alat peraga.

    Pelatihan diakhiri dengan kompetisi praktek RJP oleh beberapa ustadz-ustadzah yang terpilih dari masing-masing kelompok dan ditutup dengan serah terima kenang-kenangan dari Insan Permata. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaaat ini, semoga lain waktu ada silaturahim lain yang terjalin.

    Be the first to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


    *