Hari kamis 21 april 2011 ananda kelas 2 melaksanakan studi visual. Kali ini acara study visual diadakan di sekolah tercinta Insan permata. Seperti study visual sebelumnya yang juga diadakan di Insan permata. Namun kemasan acara study visual ke 5 ini sangat berbeda dengan study visual ke 4. Jika studi visual ke 4 ananda disuguhi dengan dongeng dari Pak Zein, membuat kreasi silsilah keluarga lalu di akhiri dengan meatball party, nah untuk acara study visual kali ini ananda akan berkreasi bersama untuk menghias puding.
Acara diawali pukul 07.00 pagi. Ketika bel masuk berbunyi ananda berbaris, masuk ke dalam kelas, kemudian berdoa dan muroja’ah hafalan. Setelah itu mereka melakukan kegiatan sperti biasanya yaitu sholat dhuha. Sholat dhuha dilaksanakan di kelasnya masing-masing. Setelah selesai melaksanakan sholat dhuha, ananda berkumpul di selatan masjid Ad da’wah sambil membawa peralatan yang sudah disiapkan dari rumah antara lain alat tulis, pensil warna atau crayon, cetakan puding, serta hiasan yang akan digunakan untuk menghias puding.
Setelah berkumpul semua siswa di kelompokkan menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 8-9 anak. Nama dari masing-masing kelompok sudah ditentukan yaitu nama-nama hewan antara lain kucing, kelinci, kura-kura, lebah, kupu-kupu, gajah, monyet,dan bebek. Alasan kenapa diambil nama-nama hewan karena ini merupakan implementasi dari KD bahasa Inggris yaitu terkait dengan animals. Ketika disebutkan nama-nama kelompoknya ananda harus bisa menyebutkan namanya dalam bahasa inggris. Setelah pembagian kelompok selesai dilakukan ananda menggambar hewan-hewan lain di kertas lalu ditempelkan di kertas lipat dan dibuat seperti bendera. Hasilnya cukup beragama. Ini merupakan salah satu kegiatan untuk mengoptimalkan imajinasi anak. Ketika ananda menggambar, mewarna dan menghias gambarnya serta membuat menjadi bendera, ustadz Izzudin dan Ustadzah galuh menyiapkan agar-agar yang akan dihias oleh anak-anak. Merebus agar-agar dan meletakkannya di cetakan yang sudah disiapkan.
Setelah menggambar ananda kemudian menghias puding yang sudah disiapkan. Mereka mengeluarkan semua hiasan yang sudah disiapkan. Cring…..alhasil agar-agar yang sudah disiapkan disulap menjadi indah. Ada yang dihias dengan coklat, stroberi, ceri, messis, serta biskuit. Ada juga ananda yang menghias dengan menggunakan ice cream. Semua ananda cukup antusias untuk menghias agar-agar yang mereka pilih. Stelah selesai menghias ananda kemudian memberi nama agar-agar mereka. Ada yang memberi nama ‘puding penjara coklat’, “puding pelangi”, puding warna-warni, puding coklat wafer, puding coklat pelangi dll. Anak-anak cukup kreatif dalam membuat nama. Puding kemudian disimpan dan dinilai oleh dewan juri, yang menjadi dewan juri yaitu Ust.Yoshi, Ust Dian, Ust Rosa dan Ust Yohan. Dari puding yang dibuat nantinya akan diambl 2 juara yaitu 1 akhwat dan 1 ikhwan. Dalam menghias puding ananda menerapkan KD SBK menggunakan pewarna buatan yang aman.
Setelah menghias ananda bermain game. Semua siswa ditutup matanya kecuali ketua kelompok. Mereka berbaris seperti kereta api yang sisap berjalan. Ketua kelompok menempati posisi paling belakang. Kereta berjalan dengan sopir ketua kelompok. Jika belok kanan maka ketua kelompok menepuk pundak kanan, dan jika belok kiri menepuk pundak kiri. Namun jika berhenti maka ketua kelompok menarik baju depannya dan harus disampaikan ke barisan di depannya. Kereta buta diarahkan menuju lapangan pemancingan. Di lapangan pemencingan ananda bermain letus balon. Siswa berbaris kemudian siswa terdepan diberi tusuk sate, sedangkan siswa bagian belakang diikat badannya dengan balon. Mereka harus berlomba untuk meletuskan balon lawan dengan tusuk sate tapi dengan syarat kereta tidak boleh terputus. Dari game tersebut hanya ada satu kelompok yang berhasil yaitu kelompoknya ananda Sari kelas nabi Ibrahim. Game ini sebagai implementasi KD kerjasama dan disiplin.
Game berikutnya adalah mengumpulkan bendera bangun datar yang sudah disebar di sekitar lapangan pemancingan. Masing-masing kelompok diberi kode bangun yang berbeda dan harus mengumpulkan bendera tersebut. Masing-masing kelompok harus mengumpulkan 9 bendera dengan bentuk yang sama. Bentuk yang harus dicari adalah persegi, persegi panjang, lingkaran, dan segitiga. Dalam bendera tersebut terdapat bacaan sholat yang nantinya harus disusun menjadi bacaan yang urut. Setelah itu mereka harus memperagakan gerakan sholat tersebut dengan tertib dan benar serta membaca bacaan sholatnya.
Pukul 11.30 ananda beristirahat untuk makan siang dan sholat dhuhur. Setelah makan siang ananda mengerjakan LKS tentang bangun datar, dan membuat puisi tentang puding yang sudah dibuat. Setelah semua LKS seleai dikerjakan ananda diajak makan puding bersama. Mereka sangat senang sekali, semua kelompok saling berbagi puding yang telah mereka buat. Dari lomba menghias puding kelompok yang menang adalah kelompok bebek dengan puding pelanginya dan kelompok kura-kura dengan puding cerianya. Kegiatan studi visual diakhiri pukul 14.30 dan ananda diperkenankan untuk pulang dan membawa puding yang telah mereka buat. Samapi jumpa di studi visual mendatang….^_^
Leave a Reply